free web page counters

MuslimahZone

Inspiring, Beauty, Lifestyle

Kamis, 23 Jumadil Akhir 1435 H / 24 April 2014

Tips Sehat Mengkonsumsi Mie Instan

Tips Sehat Mengkonsumsi Mie Instan

Ilustrasi

MuslimahZone.com – Konsumsi mie instan sudah lama menuai pro dan kontra. Banyak yang menyatakan bahwa mie enak ini tidak baik bagi kesehatan, tapi ternyata konsumsi mie instan di Indonesia termasuk yang terbanyak di dunia. Sebenarnya apa ya yang menyebabkan mie instan tidak sehat?

Mie instan adalah makanan dengan kandungan karbohidrat, garam, dan MSG yang  tinggi, namun rendah kandungan serat dan  proteinnya. Dalam mie instant dengan takaran saji 75 gram mengandung energi total 360 kkal,  karbohidrat total 45 gram, lemak total 16 gram, natrium sebanyak 1110 mg, kandungan serat pangan 2 gram dan protein 8 gram. Selain itu, makanan ini juga mengandung bahan pengawet.

Namun, jika kita dapat mensiasati kelebihan dan kekurangan mie instan ini kita dapat menjadikannya lebih sehat. Bagaimana kiat-kiatnya?

  1. Jangan jadikan makanan camilan semata. Menjadikan mie instan sebagai camilan kemudian tetap mengkonsumsi nasi atau mencampur mie instan dengan nasi beresiko menambah berat badan. Maka, kita harus memperhatikan asupan karbohidrat yang lain. Rata- rata kebutuhan karbohidrat harian tubuh yang direkomendasikan adalah 250 gram. Dengan kandungan pertakaran saji sebanyak 75 gram, tentu  konsumsi mie instan harus disiasati.
  2. Tambahkan topping sayuran dan sumber protein. Kandungan serat pangan yang rendah dapat memicu usus kita terluka. Itulah mengapa kadang perut terasa perih setelah mengkonsumsi mie instan. Maka, untuk mensiasatinya tambahkan potongan sawi, irisan daun bawang, tomat, tauge, kacang polong , telur atau irisan daging agar kandungan karbohidrat, serat, dan proteinnya seimbang.
  3. Rebus dengan takaran air yang sesuai. Selain untuk melembutkan tekstur mie instan, perebusan juga bermanfaat menguraikan zat pengawet yang terkandung dalam mie. Merebus dengan air yang terlalu sedikit mengurangi proses penguraian bahan pengawet.
  4. 4.       Ganti air rebusan. Jangan menggunakan air rebusan sebagai kuah mie yang akan kita konsumsi. Mengganti air rebusan dengan air matang panas dapat menjadi solusi.
  5. 5.       Gunakan separuh bumbu. Jangan terlena dengan gurihnya mie instan ini. Ini karena mie instan mengandung natrium yang tinggi, baik dari kandungan garam dapur atau NaCl (Natrium Clorida) maupun dari kandungan MSG/MNG(Mono Sodium Glutamat/Mono Natrium Glutamat)nya.  Rekomendasi kebutuhan natrium harian tubuh adalah 2300 mg untuk orang dewasa dan 1500 mg untuk balita, sementara tiap takaran saji mie instan mengandung 1110 mg. Jika kita akumulasi dengan kandungan natrium dalam bahan makanan lain yang kita makan selama satu hari seperti tempe goreng, ayam goreng, sayur, dll sangat mungkin melebihi kebutuhan harian kita. Konsumsi natrium berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi (hipertensi) juga menambah beban kerja ginjal. Hal ini berisiko tinggi terutama bagi balita dan ibu hamil. Jika hal ini berlangsung terus menerus pada anak-anak dapat melemahkan kinerja ginjalnya bahkan memicu gagal ginjal.

Demikian pula serbuk cabainya, ada beberapa jenis mie instan yang pedas bahkan ekstra pedas. Bagi penderita maag serbuk cabai dapat memicu kambuhnya penyakit ini. Maka, serbuk cabai dapat digunakan separuhnya atau disesuaikan dengan kemampuan konsumsi.

 

Diolah dari detikfood.com

 

(esqiel/muslimahzone.com)

Bagaimana menurut Anda?

Kajian

Subhanallah, Bumi Bulat Itu Sudah Dijelaskan Quran

Subhanallah, Bumi Bulat Itu Sudah Dijelaskan Quran

MuslimahZone.com – Bumi Itu bulat. Pada 1616, Galileo berpendapat demikian. Pendapat ini [...]

Peran Wanita Islam dalam Qawwamah dan al Walayah

MuslimahZone.com – Hingga saat ini banyak kalangan di Barat masih meragukan Islam [...]

Hukum Shalat Jum’at Untuk Wanita

MuslimahZone.com– Mengenai kewajiban sholat jum’at, apakah sholat jum’at ini diperuntukkan untuk kaum [...]

Kesehatan

Gaya Hidup ‘Bermalasan’ Bisa Sebabkan Gangguan Tulang Belakang

Gaya Hidup ‘Bermalasan’ Bisa Sebabkan Gangguan Tulang Belakang

MuslimahZone.com – Gaya hidup ‘bermalas-malasan’, kurang berolahraga, dan [...]

Inilah 10 Teladan Pola Makan Sehat Cara Rasulullah

MuslimahZone.com – Dalam berbagai aktivitas dan pola kehidupan [...]

Anemia antara yang Ringan dan yang Parah

Muslimahzone.com – Kata “anemia” berasal dari bahasa Yunani, [...]